Welcome to Mu_Ha Kuzuryu's Blog

Give your smile to everyone everyday. And remember, smile is special gift. Make tomorrow is better than today. OK!!!

Selasa, 10 Februari 2009

DAMBAANKU

Puasa? Biasa aja kok! Nggak perlu khawatir. Kan cuma nggak makan dari terbit fajar sampai terbenam matahari, abis itu kan makan-makan lagi.
“Udah, ah! Nggak usah segitunya.”
Anak-anak benar-benar aneh. Hanya gara-gara puasa, semuanya pada ribut. Si Neo, rebut gara-gara uang sakunya bakalan dipotong dan cuma bisa dibuat makan-makan aja. Biasa, anak kost. Padahal ia lagi pengen beli jaket incarannya sebulan yang lalu di Golden Market dan uangnya baru terkumpul 40 ribu, masih kurang 20 ribu lagi.
“Lha kalo gitu, bisa-bisa keburu dibeli orang.” Neo terlihat gelisah. Tapi emang dasar, udah punya jaket 15 masih kurang aja.
Beda lagi sama Nasa. Ia ketakutan setengah mati karena stok novel idamannya semakin tipis di Gramed. Sebenarnya uang ada, tapi gara-gara uang kas nunggak 5 bulan, 25 ribu melayang sudah kemarin. Dan yang di tangan cuma ada 10 ribu. Padahal rencananya sepulang sekolah kemarin mau langsung ke Gramed.
“Udah lah, nggak usah dipikirin. Ntar juga kebagian, kalo takdirnya gitu. Hehe….”
PYASSS!!!
Langsung saja setelah aku tertawa Neo menyiramku dengan air putih dari botolnya. Bajuku basah!
“Eh, kurang ajar lo ya!” dan aku pun ingin segera membalasnya.
PYASSS!!!
Akhirnya kena juga tepat di muka Neo.
“Lhaaah… basah wes! Nih rasain!”
PYASSS!!!
Neo menyiramku lagi. Tapi aku menghindar. Kebetulan aku ada di depan Nasa, jadi…
“Heee!!!”
Dan secepat kilat aku dan Neo pergi keluar kelas. Tapi secepat apapun larinya, akhirnya kita bertiga basah kuyup semua. Hahaha…. Lucu. Tapi nggak lucu juga kalo setelah itu Pak Nuril menunggu kami di ruang Kepsek. Aaah… menjengkelkan! Gimana nggak? Waktu Pak Nuril bilang, “Kalian tahu, ini sekolah atau kolam renang?” dan sialnya, reflek Neo menjawab, “Kolam renang.”. Dan…
Aaaah…!? Neo bloon!
Udah tau ini bukan di depan anak-anak, malah diajak becanda. Kena deh, omelam-omelan memalukan. Belum lagi diliatin sama guru-guru dan anak-anak kelas lain yang kebetulan lewat. Bikin masalah aja!

***

Heh! Bk pwsa di Musholla
dket rmh yuk! Mknnx enk2
lho! Jm 1/2 6 kmpul d rmh
y! jgn smpe tlt!!!

Ini cara jituku ngajak anak-anak ke rumah buat buka puasa dan tarawih di rumah. dengan iming-iming makanan enak, pasti mereka bakal datang. Kalo nggak gitu nggak bakalan mau. Soalnya aku tahu dua anak itu, terutama Neo, susah banget diajak tarawih. Tak lama setelah sms dikirim, ada balasan 2 sekaligus. Dari Neo,

Iyo wz! Skalian ngrjain pr
yo!!!

Dan dari Nasa,

Inggih, maz!!! Skalian
Ngrjain tgs bio&eko y!

***

Yah, gitu deh. Hari-hari pertama puasa. Niat emang bener-bener ibadah, tapi adaaa aja gangguannya. Dari kejadian hampir mau makan permen yang lagi asyik nongkrong di saku celana, sampai kejadian mimpi makan makanan enak yang bikin aku ngiler, baik di dunia mimpi ataupun di dunia nyata.
“Mimpi apaan sih? Kok sampe segitunya? Hihihi…..”
“Hah?” jawabku. Dan ketika aku membuka mata, semua mata anak-anak satu kelas tertuju padaku dan salahsatu dari mereka bilang,
“Hey! Lo ngiler tuh! Hahaha….”
AAAAAAAH!!!
Kenapa aku baru sadar kalo pipiku basah karena air liurku sendiri? Iiiih…. Aku pun segera pergi ke toilet, nggak peduli berapa wajah yang akan menertawakanku. Yang penting aku bisa nyembunyiin mukaku sementara waktu.
Dan dari jauh aku bisa mendengar suara tawa anak-anak satu kelas. Hahaha…. Nggak lucu.

***

Hari-hari berlalu di bulan Ramadhan dan tanpa sepengetahuanku, kata tetanggaku, Neo malah sering buka puasa dan tarawih di Musholla dekat rumah.
Haaaah??? Aku benar-benar nggak percaya.
Ngapain jauh-jauh ke Musholla deket rumah? Cuma buat buka puasa di mana aja kan bisa. Di dekat kos-kosannya kan juga ada Musholla. Dan aku pun cuma bisa nebak kalo Neo emang suka buka puasa di situ karena makanannya yang enak. Soalnya kalo dia ditanya soal itu, jawabannya cuma cengar-cengir doang. Males ngeliat cengirannya.

***

Ada satu hal yang tidak ku sukai
dari kamu dan paling sering kau ulangi
Kadang-kadang bikin ku illfell
Kadang-kadang bikin ku illfell

Tiap hari aku, tiap hari terus
hanya mendengar kau mengeluh dan mengeluh
Kadang-kadang bikin ku illfell
Kadang-kadang bikin ku illfell

Ku hanya beri tahu
Tapi terjadi lagi

Eh, eh, kok gitu sih?
Loh, kok marah?
Jangan gitu sayang
Jangan gitu sayang

Lagu ini terus aku play. Dan aku nggak bosen-bosennya dengerin lagunya Dewiq bareng Indra Bekti ini, siang atau malam.
Liriknya persis kayak yang aku rasain sekarang. Bener-bener bikin illfell, Nasa. Tiap malam habis tarawih mesti sms kalo novelnya di Gramed udah tinggal segini, segitu, sampai akhirnya ludes! Dan Nasa nggak bosen-bosennya ngulangin ceritanya yang itu-itu lagi di sekolah.
Hhhh… bikin marrrah! Tapi nggak bisa. Soalnya di liriknya ada kata-kata

Eh, eh, kok gitu sih?
Loh, kok marah?
Jangan gitu sayang
Jangan gitu sayang

***

Satu sms masuk ke hpku.

Nico! Bsk ikt k GoldenMarket y!
Q udh px duitnya nih. plg skul
lgsg y!

OK! Usul jitu. Sekalian cuci mata. Mata rasanya udah kucel. Sampai pertengahan Ramadhan ini, hampir nggak ada hiburan sama sekali.

***

WUZZZZ!!!
Cool!!! Mata rasanya jadi fresh lagi begitu masuk GM. Adem!!! Kita bertiga pun let’s and go ke stand yang jual jaket-jaket. Setelah dilihat-lihat sebentar,
“Nic! kok nggak ada ya, jaketnya?” tanya Neo.
“Kurang teliti kali.”

5 menit kemudian,

“Nas! Kok nggak ketemu ya?”
“Nylempit kali jaketnya. Coba cari lagi!”
Tapi dicari sampai kapanpun nggak ketemu-ketemu juga.
“Udah lah, Neo! Nggak usah segitunya. Kan bisa beli yang model lain.” Tapi hiburanku ini aku yakin nggak bakal mempan. Sampai akhirnya, mbak yang jaga stand jadi penasaran melihatnya.
“Kenapa, dik? Ada masalah?”
“Iya nih, mbak. Temen saya ini, satu setengah bulan yang lalu ngincar jaket yang ada di sini.” terangku.
“Katanya sih modelnya mirip kayak yang dipake Adly Fairuz yang di iklan cumi itu.” tambah Nasa.
“Oh, kalo satu setengah bulan yang lalu saya nggak jaga di sini. Jadi saya nggak tau soal jaket itu. Maaf ya!”
“Iya, mbak. Nggak pa-pa kok. Makasih ya!” ucapku.
“Sama-sama.”
“Udah Neo, nggak usah sampe nangis gitu dong ah! Malu-maluin aja! Cup, cup, cup!” ucap Nasa.
Neo segera mengusap air liurnya, eeeh…, air matanya!
“Iya. Yaudah kita pulang aja.”
Dan kami pulang dengan hati kecewa. Nggak enak rasanya kalo gini. Tapi mau apalagi? Barang yang mau dibeli udah nggak ada.
Sebelum sampai di pintu depan,
“Nas, denger orang manggil ‘Dek! Dek! Dek!’ nggak?” tanyaku.
“Heh! Emangnya kita bertiga ini punya kakak? Lo lupa ya, kalo kita ini anak sulung?” jawab Nasa spontan.
Hiiih…. Ni anak jawabannya nyebelin banget sih? “Gitu ya? Yaudah.”
Tanpa menghiraukan hal itu lagi, kami pun melanjutkan perjalanan.
Tapi,
“HEY!!! Dek! Adik bertiga!!!”
Tuh kan. Ada yang manggil-manggil. Karena cuma aku yang merasa dengar, yaudah, aku coba tengok. Dan aku liat ada mbak-mbak lagi lari ke sini. Siapa ya? Segera aku minta Nasa dan Neo berhenti.
Mbak itu berhenti di depan kami dengan napas ngos-ngosan. Nggg…. Sepertinya aku kenal dia. Oh iya, dia yang jaga stand jaket dulu. Ngapain dia?
“Ada apa mbak?” tanyaku.
“Gini, soal jaket yang mau adik beli itu, nggg…, sebenarnya masih ada dan belum dibeli sama orang.”
Neo kaget mendengarnya. “HAH? Yang bener? Trus sekarang di mana jaketnya?”
“Jaketnya ada di gudang dan masih belum dijual ke toko-toko lain. Kebetulan saya sering liat kalian, terutama adik yang itu, liat-liat jaket itu. Dan… nggak usah banyak cingcong! Ayo ke gudang! Rencananya sore ini mau dikirim.”
Dan dengan sekuat tenaga, kami berempat lari-lari dan akhirnya sampai juga di finish dengan timing yang hampir bersamaan.
“Alhamdulillah!!! Akhirnya yang aku damba, yang aku pengen, akhirnya kebeli juga! Terimakasih ya Allah. Ternyata Allah masih saying sama aku.”
Akhirnya aku melihat sinar dari wajah Neo. Seneng juga ngeliatnya. Hatiku jadi lebih tenang. Sepertinya dia nggak sia-sia ngumpulin uang.
“Iya, Nic, Nas! Nggak sia-sia perjuanganku ngehemat uang. Sampe-sampe aku rela cuma buka puasa di Musholla deket rumah Nico. Syukurlah.”
Ooooh… ternyata itu. nggak salah dugaanku kalo emang sebenarnya ada udang di balik batu. Dasar!!!
“Terus, novelku gimana? dambaanku, idamanku sudah 7 hari yang lalu ludes dibeli orang. Hiks….”
Waduh… kasian. Yang satu masalahnya udah selesai, yang ini belum. Tapi gimana lagi. Dicari di mana pun nggak bakal ada. Ada mungkin harganya udah nggak semurah di Gramed.
“Hhhh… yaudah deh. Aku ikhlas kok. Yuk, pulang!”
Nggak percaya lo bisa setegar itu. buktinya habis tarawih, kok mesti sms itu terus? Dan di sekolah nggak pernah berhenti ngulangin ceritamu itu. Tapi benar-benar kasihan.
“Eh tunggu!”
“Apaan Neo?” tanyaku.
“Nggg…. Soal novel itu. Nih, udah aku beliin 8 hari yang lalu!”

***



 SELESAI 

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda