Welcome to Mu_Ha Kuzuryu's Blog

Give your smile to everyone everyday. And remember, smile is special gift. Make tomorrow is better than today. OK!!!

Sabtu, 22 November 2008

Makanan Bermelamin

Makanan Bermelamin Masih Dijual

Liputan6.com, Jakarta: Produk makanan dan minuman asal Cina yang seharusnya ditarik bahkan dimusnahkan lantaran mengandung melamin, ternyata masih beredar di pasaran. Berdasarkan penelusuran SCTV, baru-baru ini, sebuah produk susu bubuk yang berbahaya ditemukan di salah satu toko di kawasan Glodok, Jakarta.

Jumlah susu bermelamin di toko tersebut memang tidak banyak. Namun, susu ini salah satu produk impor dari Cina yang tidak boleh dipasarkan karena berbahaya bagi kesehatan. Agaknya, pihak toko mengaku tidak mengetahui jika produk ini sudah dilarang untuk dijual.

Kemarin, pemerintah memastikan beberapa produk makanan dari Cina mengandung melamin. Produk-produk tersebut adalah Oreo Stick Wafer dengan kode ML atau makanan luar, kembang gula M&M`s, cokelat Snickers, permen White Rabbit kemasan biru dan merah, Soybean drink with milk kemasan hijau dan kuning, Soyspring instant milk cereal, dan Soyspring instant peanut milk [baca: Produk Makanan Minuman asal Cina Bermelamin].

Bila menemukan produk itu di pasaran, masyarakat bisa melaporkan ke Badan Pengawasan Obat dan Makanan di nomor telepon (021) 4263333 dan (021) 321 99000 atau mengirim pesan singkat (SMS) ke 081511997772.

Melamin bukan bahan kimia untuk makanan, namun biasa digunakan buat bahan antiapi, polimer, dan pupuk. Efeknya bila dimakan manusia akan mengakibatkan gagal ginjal, bahkan berujung kematian.


Ya, itulah artikel yang sedang hangat untuk dibicarakan. Sebagian dari orang-orang sudah mengetahui apa itu melamin. Namun kalau ada yang masih belum jelas dengan mungkin ini bisa menjadikan anda-anda lebih mengerti.

Dan inilah pokok-pokok masalah yang akan dibahas :

Apakah Melamin itu?
Mengapa dianggap membahayakan bagi kesehatan?
Di mana produk bermelamin berasal?
Mengapa melamin dicampurkan ke makanan?
Kapan kasus melamin ini diketahui oleh publik?
Siapa pembuat makanan bermelamin?
Apa yang dilakukan oleh pemerintah tempat produk bermelamin berasal?
Apa yang telah dilakukan pemerintah Indonesia untuk memberantas makanan bermelamin?
Berapa banyak korban yang telah terdata akibat mengkonsumsi melamin?



Apakah Melamin itu?
Melamin adalah bahan kimia berbasis organik yang banyak ditemukan dalam bentuk kristal putih dalam nitrogen. Biasanya digunakan sebagai bahan campuran plastic dan pupuk. Melamin tak punya nilai nutrisi, tapi kaya nitrogen, sehingga bila dicampur dengan susu akan membuat kadar protein susu seolah lebih tinggi daripada aslinya. Melamin yang dipermasalahkan adalah senyawa organik bersifat basa dengan rumus C3H6N6, kandungan nitrogennya sampai 66%, biasa didapat sebagai kristal putih. Melamin biasanya digunakan untuk membuat plastik, lem dan pupuk.
Plastik dari melamin, karena sifat tahan panasnya, digunakan luas untuk perkakas dapur. Jadi, melamin yang kini diributkan berbeda dengan melamin plastik perkakas. Melamin yang diributkan ini adalah bahan dasar plastik melamin.
Berdasarkan informasi di situs WHO, pencampuran melamin pada susu berawal dari tindakan pengeplosan susu dengan air. Akibat pengenceran ini, kandungan protein susu turun. Karena pabrik berbahan baku susu biasanya mengecek kandungan protein mealui penentuan kandungan nitrogen, penambahan melamin dimaksudkan untuk mengelabui pengecekan agar susu encer tadi dikategorikan normal kandungan proteinnya.

Mengapa dianggap membahayakan bagi kesehatan?
Studi tentang efek konsumsi melamin pada manusia belum ada, hasil ekstrapolasi dari studi pada hewan dapat digunkan untuk memperkirakan efek pada manusia. Hal itu telah tampak bila melamin bergabung dengan asam sianurat (yang biasa juga terdapat sebagai pengotor melamin) akan terbentuk kristal yang dapat menjadi batu ginjal. Batu ginjal inilah yang dapat menyumbat saluran kecil di ginjal yang kemudian dapat menghentikan produksi urine, gagal ginjal, bahkan kematian.
Telah diketahui juga bahwamelamin bersifat karsinogen pada hewan. Gejala yang diamati akibat kontaminasi melamin terdapat pada darah di urine, produksi urine yang sedikit, atau sama sekali tidak dihasilkan, tanda-tanda infeksi ginjal, dan tekanan darah tinggi. Melamin memang tidak dapat dimetabolisme oleh tubuh. Data keselamatan menyatakan, senyawa ini memiliki toksisitas akut rendah LD50 di tikus, yaitu 3.161 mg per kh berat badan. Pada studi dengan menggunakan hewan memang dikonfirmasi, asupan melamin murni yang tinggi mengakibatkan inflamasi kandung kemih dan pembentukan batu kemih.
Food ang Drigs Administration (Badan Makanan dan Obat) Amerika Serikat menyatakan, asupan harian yang dapat ditoleransi (tolerable daily intake/TDI) melamin adalah 0,63 mg per kg berat badan. Pada masyarakat Eropa, otoritas pengawas makanannya mengeset standar yang lebih rendah, yaitu 0,5 mg per kg berat badan. Seberapa parah kontaminasi yang terjadi? Dari inspeksi yang dilakukan di Cina, dari 491 batch (kelompok) yang dites, 69 di antaranya positif mengandung melamin, berkisar dari 0,09 mg per kg susu sampai 619 mg per kg susu. Bahkan ada yang mencapai 2.563 mg per kg.

Di mana produk bermelamin berasal?
Menurut BPOM dan Menkes produk yang bermelamin dan ditarik dari peredaran adalah yang dari luar (kode ML) bukan dari dalam (MD). Terutama yang dari Cina karena bahan baku susu atau turunannya berasal dari Cina.

Mengapa melamin dicampurkan ke makanan?
Tujuan para produen itu mencampur dengan melamin tidak lain dengan maksud untuk menambah keuntungan tersendiri bagi perusahaannya. Prosesnya, diawali dengan menambah air pada susu agar terlihat encer, lalu mereka menambahkan melamin agar terlihat kental kembali.

Kapan kasus melamin ini diketahui oleh publik?
Sebenarnya kasus yang mirip pernah terjadi secara luas tahun lalu akibat pengeplosan melamin ke dalam makanan hewan dari Cina. Akibatnya, ratusan anjing dan kucing mati serta ribuan lainnya menderita gagal ginjal.

Siapa pembuat makanan bermelamin?
Perusahaan-perusahaan dengan merek produk makanan antara lain yoghurt bermerek Jinwei Yoguoo (susu fermentasi rasa aneka buah, rasa buah dan rasa netral/plain), susu full cream merek Gouzhen, Indo Eskrim Meiji Gold Monas (rasa coklat dan rasa vanilla), Oreo (stik wafer, chocolate sandwich cookie), kembang gula coklat susu M&Ms, dan Snickers (biscuit nugget lapis coklat).
Ada pula makanan dan minuman merek Yili yakni Yili Bean Club Matcha Red Bean Ice Bar, Yili Red Bean Ice Bar, Yili Super Bean Chesnut Ice Bar, Yili Prestige, Yili High Calcium Low Fat Milk Baverage, Yili Choice Dairy Frozen Yoghurt Bar With Real Peach and Pineapple Plavoured dan yili High Calcium Milk Baverage.
Produk makanan mengandung susu lainyang juga harus diamankan adalah Chocliz Dark Chocolate, Dutch Lady Strawberry Flavoured Milk (ekspor Cina, Hongkong dan Singapura), Natural Choise Yoghurt Flavoured Ice Bar With Real Fruit, Nestle Dairy Farm UHT Pure Milk (catering), kembang gula asa ciklat Vove Choc dan kembang gula White Rabbit Creamy Candy.

Apa yang dilakukan oleh pemerintah tempat produk bermelamin berasal?
Pemerintah Cina sendiri telah melakukan inspeksi dan memusnahkan lebih dari 10.000 ton susu bubuk formula bayi prosuksi Sanlu yang telah ditarik dari peredaran karena terkontaminasi melamin.

Apa yang telah dilakukan pemerintah Indonesia untuk memberantas makanan bermelamin?
Pemerintah Indonesia masih meneliti peredaran produk susu formula asal Cina untuk memastikan produk susu terkontaminasi melamin asal negara tersebut tidak dipasarkan di dalam negeri.
Keneterian Kesehatan Malaysia Melarang semua susu dan produk dari Cina sebagai langkah pengamanan.
Singapura pu telah menghentikan impor dan penjalan semua susu dan produk susu dari Cina setelah tes total menemukan adanya sampel susu yang mengandung melamin di dua merek produk susu buatan Cina.

Berapa banyak korban yang telah terdata akibat mengkonsumsi melamin?
Jumlah anak ang menjadi korban keracunan akibat kontaminasi zat melamin dalam produk susu di Cina melonjak hingga 53.000 orang, demikian dilaporkan Pemerintah Cina, Senin (22/9), yang berjanji mengatasi salah satu skandal terburuk dalam hal keamanan pangan di Negeri Tirai Bambu itu.
Menurut Keterangan Menteri Kesehatan Cina dalam pernyataan yang dilansir situs resminya, lebih dari 80% di antara anak berusia 2 tahun atau bahkan lebih muda. Sejauh ini, empat anak tercatat meninggal dunia dan 104 lain dirawat dalam kondiri kritis.
“Sementara itu 39.965 anak lainnya menjalani perawatan di luar rumah sakit dan dipertimbangkan sudah mulai berangsur pulih,” kata Menkes Cina.


Sumber :
www.kompas.com
http://ptp2007.wordprwss.com





Dan karena artikel ini, aku dan tema-teman kelompokku dapat nilai yang OK banget!!!

Makasih P. Andi...

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda